TRIK BUKA USAHA DENGAN CARA ATM...!!

amati, tiru dan modifikasi
Bingung mau buka usaha apa?? Gimana cara memulainya? Pertanyaan yang sering di tanyakan pebisnis pemula dalam seminar, atau grup belajar bisnis dan lain nya. Salah satu jalan yang diambil pemula adalah membeli hak franchise. Dengan segala kelebihan dan kemudahanya, usaha franchise akan menjadi pilihan buat pemula yang baru belajar berbisnis.

Namun, terkendala modal untuk membeli hak franchise bisa jadi membatalkan niat mereka memulai usaha. Atau keinginan memiliki usaha dengan brand produk sendiri juga menjadi opsi untuk mencoba usaha sendiri.
saya melihat sebagai pemula kesempatan untuk membuka usaha sendiri dengan cara “mencontek” bisnis orang lain atau franchise yang mau kita buka, dengan pola ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi).

Misalkan jenis usahanya food and beverage, kita tinggal pilih produk utamanya apa, lalu risetlah franchise yang menggunakan bahan produk yang kita target. Seperti dulu sy pernah buat usaha kentang ulir, ternyata ada yang di franchisekan dan ada juga yang bukan franchise. Nah,sy lakukan sedikit riset, sudah ada yang buka di daerah saya belum? gimana cara membuat kentang ulir, alat apa yang digunakan, peralatannya apa saja, bahan dan bumbunya apa saja dan gimana cara produksi dan penyajiannya, serta display kemasan dan gerobaknya pun saya browsing terlebih dulu..gampang khan, semuanya tanya saja ke mbah google.
sumber:rajakentang.com

Selanjutnya, tinggal saya mencari distributor alat dan bahan yang dibutuhkan. Dan saya mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga yang franchise tawarkan, saya bisa menghemat hampir setengah dari harga paket franchise biasanya. Sampai batas ini kita sudah amati dan tiru, sekarang kita harus lakukan sedikit modifikasi dengan produk yang akan kita luncurkan. Waktu itu saya buat kentangnya jauh lebih panjang dan besar daripada yang biasanya. Saya coba lihat di youtube dan beberapa link usaha serupa untuk ide penyajian dan display produk nantinya.

Terakhir tentukan brand anda sendiri, dan ini tinggal kita bawa ke bagian design dan percetakan untuk display kemasan dan gerobak kita nantinya. Tips ini bisa juga anda lakukan ke produk lainnya. Semua tergantung dari kreatifitas anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses..

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan saya akan merasa senang sekali jika teman-teman mau memberikan LIKE dan coments artikel ini. Sebarkan ilmu dan jadilah penebar manfaat buat banyak orang, insya Allah anda akan mendapatkan karunia dari Allah swt.
Salam hormat saya

Hidayat Tanjung

Comments

Popular posts from this blog

Indahnya Bisnis Nasi Pelangi dan Ayam Bakar Bekakak

Bakso Bakar Salimah Bikin Meriah