4 Produk Unggulan Bengkulu Dukung 5 Program Prioritas Bengkulu

Kemiskinan di wilayah Bengkulu masih berada di angka 17 persen. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov). Bengkulu akan memfokuskan pembangunan melalui lima program prioritas sebagai upaya mengentaskan masyarakatnya dari kemiskinan.

"Ada lima program yang diintegrasikan satu dengan lainnya untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan yangmenjadi sasaran utama seluruh program," kata Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti di Bengkulu, Selasa (28/2/2017).
seperti di lansir oleh https://jpp.go.id/ dan semua program prioritas ini sudah di konsilidasikan ke seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) melalui rapat- rapat terbatas.

Adapun kelima program Unggulan Provinsi Bengkulu tersebut adalah:
1. Pengentasan Kemiskinan dan Meretas Ketertinggalan; masih adanya daerah terpencil yang jauh dari akses kota, sehingga pengembangan desa tertinggal diperlukan.
2. Penguatan Komoditas Unggulan Agromaritim dan Hilirisasi; banyaknya potensi produk dan komoditi daerah yang belum tereksplorasi dan kurangnya promosi.
3. Pengembangan Infrastruktur Strategis dan Industrialisasi; membuka akses dan konektifitas Pesisir Barat Sumatera, pengembangan Pelabuhan, Pembangkit Listrik dan Air Bersih. Perluasan kawasan Industri dan Kawasan Khusus.
4. Transformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis IT: Peningkatan KUalitas Indeks dan Kepuasan Masyarakat dan Perizinan. Penarapan e-Goverment dan Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan daerah.
5.Visit 2020 Wonderful Bengkulu: sukseskan 52 Event Festival Wonderful Bengkulu,diantaranya adalah: Marine Festival, Mountain Valley Festival, River Lake Festival, Garden Flower Festival dan Bencoolen Festival. 

Inilah Program Prioritas Provinsi Bengkulu kedepan, untuk menjalankan semua program prioritas tersebut tentunya bukan hal mudah, perlu dukungan dari semua aparatur pemerintahan dan masyarakat untuk melakukan gerakan yang berorientasi pada pengentasan kemiskinan dengan memanfaatkan potensi daerah dan produk-produk unggulan lokal Provinsi Bengkulu.

Provinsi Bengkulu yang memiliki 9 Kabupaten/1 Kota memiliki beberapa produk pertanian unggulan, diantaranya seperti Emping Enggano, Pisang Curup, Pepaya California, Jeruk Kalamansi, Jeruk Gerga, Kopi Robusta, Sayur Mayur bahkan Ayam Brugo yang menjadi ikon Visit 2020 Wonderful Bengkulu. Kabar baiknya 12 produk pangan ini telah bersertifikat bebas dari zat berbahaya ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Evarini.

Salah satu program perioritas Provinsi Bengkulu saat ini adalah "PENGUATAN KOMODITAS UNGGULAN AGRO-MARITIM DAN HILIRISASI"

Oleh sebab itu, kebijakan dan program yang dilakukan meliputi intensifikasi dan diversifikasi produk unggulan Agro-Maritim. Seperti pengembangan tanaman unggulan dan pengembangan perikanan budi daya. Adapun Produk Unggulan Bengkulu adalah:

1.Jeruk Gerga Lebong
sumber: balitjestro.litbang.pertanian.go.id
Jeruk keprok Rimau Gerga Lebong menurut sejarahnya berasal dari Israel, lewat Thailand, ditanam di Kabupaten Karo Sumut, dan kemudian dibawa dan ditanam oleh Bp. Gerga di Lebong Bengkulu yang hingga sekarang baru tertanam 2500 pohon atau setara dengan 50 ha. Tanaman jeruk Rimau Gerga Lebong merupakan salah satu komoditas potensial Desa Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong karena mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. 
Dengan warna yang kuning dan rasanya yang manis segar dan buahnya yang cukup besar menjadikan jeruk ini sangat potensial untuk dikembangkan. Ada tips menikmati jeruk Gerga ini, sebaiknya disimpan terlebih dulu 3-5 hari sesudah di petik supaya rasanya lebih manis.

2. Jeruk Kalamansi
jeruk kalamansi
(sumber: nasional.kontan.co.id)
Jeruk Kalamansi menjadi salah satu produk unggulan Provinsi Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa produksi buah.Jeruk Kalamansi memilki masa produksi buah yang terbilang cepat, yaitu enam bulan setelah masa tanam.
Permulaan gerakan budidaya jeruk Kalamansi ini ditandai dengan pencanangan gerakan “Satu Desa Satu Produk” oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009.Jeruk kalamansi adalah jenis buah jeruk yng berkembang pesat di Bengkulu, berbau harum, dan memiliki rasa yang asam ketika sudah masak, dan pahit ketika masih mentah (Wikipedia).
Walaupun ukurannya kecil, jeruk ini banyak mengandung air. Daerah padang serai sekarang ditunjuk
sebagai desa jeruk kalamansi. Jeruk ini sudah memiliki turunan produk juga seperti sirup kalamansi. 
penyebaranya juga sudah meluas bahkan sudah di ekspor.

3. Pisang Curup
pisang curup matang
(sumber: google)
Seperti namanya pisang ini adalah tanaman endemik daerah Curup Rejang Lebong. Pisang ini mirip pisang ambon, namun bentuknya lebih kecil, dengan kandungan air lebih sedikit dengan rasa manis dan beraroma harum. Pisang ini juga mudah di temukan karena banyak pedagang yang menjual pisang curup ini. Jika anda melintasi daerah Curup di Jalan Lintas Curup- Lubuk Linggau, maka akan banyak ditemui masyarakat yang menjual pisang ini sebagai oleh-oleh khas dari Curup.




4. Udang Vaname
Provinsi Bengkulu memiliki wilayah kelautan dan perikanan yang potensial. Termasuk potensi budidaya udang vaname yang terletak di Bengkulu Tengah dan sebagian daerah lainnya.

Meski pengembangan produk unggulan Udang Vaname belum tergarap dengan baik. Namun hal tersebut memiliki potensi yang sangat besar.
Udang Vaname sebagai salah satu produk unggulan sektor maritim/perikanan Provinsi Bengkulu dari sisi kualitas tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya. 
udang vaname
(sumber bisnisukm.com)
Budidaya tambak udang di Bengkulu Utara khusunya sangat potensial. Setidaknya ada lima investor yang menanamkan modalnya di usaha budidaya udang di Perairan Laut Pesisir Pondok Kelapa. Dan produksi setiap panen juga maksimal, bahkan ada yang mencapai 1000 ton. 
Dan dengan majunya budidaya udang di pondok kelapa ini sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar dan menciptakan lapangan pekerjaan dan rekrut raturan tenaga kerja sehingga mengurangi jumlah pengangguran.


Comments

Popular posts from this blog

Indahnya Bisnis Nasi Pelangi dan Ayam Bakar Bekakak

Bakso Bakar Salimah Bikin Meriah

TRIK BUKA USAHA DENGAN CARA ATM...!!